-->

Kumpulan kata kata, doa dan motivasi Islam penyejuk hati

10 Firman Allah Tentang Bersyukur Paling Ngena di Hati

Firman Allah Tentang Bersyukur
Firman Allah Tentang Bersyukur - usahakecil2an.com
Sebagai manusia sudah sepantasnya kita bersyukur terhadap apa yang sudah dimiliki, dari mulai harta sampai kesehatan. Didalam Ayat ayat al qur'an terdapat banyak firman Allah tentang bersyukur, tinggal kita memaca dan merenunginya, Namun nyatanya banyak manusia yang kurang bersyukur. Sudh diberi kehidupan yang baik kadang masih kurang juga. Padahal Allah telah menjamin rezeki setiap hambanya, dan bagi yang bersyukur atas pemberiannya, maka di  kemudian hari akan diberi rezeki berlipat lipat. Jika memang belum saatnya, maka kitalah yang harus merubah diri ke arah yang lebih baik.

Ada banyak sekali bahan untuk bersyukur, kita merasa gaji belum mencukupi, masih ada temn dna sudara yang membantu. Saat gaji tak mampu bisa liburan, masih diberi kesehatan dan begitu seterusnya, banyak bahn untuk berterima kasih Allah SWT. Tapi mengapa banyak manusia yang lupa? Apakah Allah telah mati? Iya mungkin Tuhan telah terganti dengan orientasi hidup mewah, uang, harta, tahta dan wanita.

10 Firman Allah Tentang Bersyukur

Nah...a agar kamu lebih pandai bersyukur, sebaiknya kalian baca ayat ayat Al qur'an, sebab ada banyak firman allah tentang bersukur didalamnya. Tidak hanya dalil, ada banyak hadist juga yang menjelskankan tentang syukur nikmat.

اللَّهُ الَّذِي جَعَلَ لَكُمُ اللَّيْلَ لِتَسْكُنُوا فِيهِ وَالنَّهَارَ مُبْصِرًا ۚ إِنَّ اللَّهَ لَذُو فَضْلٍ عَلَى النَّاسِ وَلَٰكِنَّ أَكْثَرَ النَّاسِ لَا يَشْكُرُونَ

Allah-lah yang menjadikan malam untuk kamu supaya kamu beristirahat padanya; dan menjadikan siang terang benderang. Sesungguhnya Allah benar-benar mempunyal karunia yang dilimpahkan atas manusia, akan tetapi kebanyakan manusia tidak bersyukur.

Surat Ibrahim Ayat 7

وَإِذْ تَأَذَّنَ رَبُّكُمْ لَئِنْ شَكَرْتُمْ لَأَزِيدَنَّكُمْ ۖ وَلَئِنْ كَفَرْتُمْ إِنَّ عَذَابِي لَشَدِيدٌ 

Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan; "Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih".

Surat An Nahl ayat 78

 وَاللَّهُ أَخْرَجَكُمْ مِنْ بُطُونِ أُمَّهَاتِكُمْ لَا تَعْلَمُونَ شَيْئًا وَجَعَلَ لَكُمُ السَّمْعَ وَالْأَبْصَارَ وَالْأَفْئِدَةَ ۙ لَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ

 Dan Allah mengeluarkan kamu dari perut ibumu dalam keadaan tidak mengetahui sesuatupun, dan Dia memberi kamu pendengaran, penglihatan dan hati, agar kamu bersyukur


Surat Al A'raf ayat 10

 وَلَقَدْ مَكَّنَّاكُمْ فِي الْأَرْضِ وَجَعَلْنَا لَكُمْ فِيهَا مَعَايِشَ ۗ قَلِيلًا مَا تَشْكُرُونَ 

Sesungguhnya Kami telah menempatkan kamu sekalian di muka bumi dan Kami adakan bagimu di muka bumi (sumber) penghidupan. Amat sedikitlah kamu bersyukur. 

Surat Ali Imran ayat 145

وَمَا كَانَ لِنَفْسٍ أَنْ تَمُوتَ إِلَّا بِإِذْنِ اللَّهِ كِتَابًا مُؤَجَّلًا ۗ وَمَنْ يُرِدْ ثَوَابَ الدُّنْيَا نُؤْتِهِ مِنْهَا وَمَنْ يُرِدْ ثَوَابَ الْآخِرَةِ نُؤْتِهِ مِنْهَا ۚ وَسَنَجْزِي الشَّاكِرِينَ

yang bernyawa tidak akan mati melainkan dengan izin Allah, sebagai ketetapan yang telah ditentukan waktunya. Barang siapa menghendaki pahala dunia, niscaya Kami berikan kepadanya pahala dunia itu, dan barang siapa menghendaki pahala akhirat, Kami berikan (pula) kepadanya pahala akhirat itu. Dan kami akan memberi balasan kepada orang-orang yang bersyukur.

Surat Al A'raf ayat 58

وَالْبَلَدُ الطَّيِّبُ يَخْرُجُ نَبَاتُهُ بِإِذْنِ رَبِّهِ ۖ وَالَّذِي خَبُثَ لَا يَخْرُجُ إِلَّا نَكِدًا ۚ كَذَٰلِكَ نُصَرِّفُ الْآيَاتِ لِقَومٍ يَشْكُرُونَ

 Dan tanah yang baik, tanaman-tanamannya tumbuh subur dengan seizin Allah; dan tanah yang tidak subur, tanaman-tanamannya hanya tumbuh merana. Demikianlah Kami mengulangi tanda-tanda kebesaran (Kami) bagi orang-orang yang bersyukur.


Surat An Nahl ayat 121

شَاكِرًا لِأَنْعُمِهِ ۚ اجْتَبَاهُ وَهَدَاهُ إِلَىٰ صِرَاطٍ مُسْتَقِيمٍ

 (lagi) yang mensyukuri nikmat-nikmat Allah. Allah telah memilihnya dan menunjukinya kepada jalan yang lurus.

Surat Al Mulk ayat 23

 قُلْ هُوَ الَّذِي أَنْشَأَكُمْ وَجَعَلَ لَكُمُ السَّمْعَ وَالْأَبْصَارَ وَالْأَفْئِدَةَ ۖ قَلِيلًا مَا تَشْكُرُونَ 

Katakanlah: "Dialah Yang menciptakan kamu dan menjadikan bagi kamu pendengaran, penglihatan dan hati". (Tetapi) amat sedikit kamu bersyukur.

 Surat Al Insan ayat 3

 إِنَّا هَدَيْنَاهُ السَّبِيلَ إِمَّا شَاكِرًا وَإِمَّا كَفُورًا 

Surat Al Baqarah ayat 56

ثمَّ بَعَثْنَاكُمْ مِنْ بَعْدِ مَوْتِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ

Setelah itu Kami bangkitkan kamu sesudah kamu mati, supaya kamu bersyukur.

Demikian beberapa firman Allah tentang bersyukur dalam ayat ayat al qur'an maupun dalam hadist hadist shahih. Jadi mulai kapan kalian akan bersukur? Mulailah dengan tidak menyalahkan orang lain, menerima apa sudah ada. Semoga dengan kita bersukur, nikmat bertambah berlipat lipat. AAMIIN.

sumber : https://tafsirweb.com