-->

Kumpulan kata kata, doa dan motivasi Islam penyejuk hati

11 Hadist Tentang Kematian atau Sakaratul Maut

Hadist Tentang Kematian
Setiap berjiwa pasti jatuh cinta,, eh mati ding. Makanya selagi masih sehat mari kita mengingat mati dengan menelaah ayat ayat al quran atau hadist tentang kematian. Mengapa kita harus melakukan renungan atau mengingat kematian, karena kematian itu perlu persiapan. Tapi bukan persiapan seperti pindah rumah atau gimana, melainkan bekal berupa amal kebaikan selama kita masih hidup. Hidup di dunia ini fana, tidak kekal, sebagain insan yang beriman kita harus siap mati, siap kehilangan. Sebab harta dan keindahan didunia tidak bisa dibawa pulang saat mati. Bagaimana bisa dibawa, lha wong mati aja nyusahin wkwk Emang ada orang mati nggali kubur sendiri? enggak ada kan? Itu hakikatnya mengingat kematian.

Di dalam al quran dan hadist sudah banyak ayat ayat yang menjelaskan tentang kematian, kita tinggal membaca dan memahaminya. Namun sebagian dari kita dikehidupn modern kebanykn lupa membaca, sebagian dari mereka membca status dan story wa dan ig. hehe ngaku aja deh. Padahal al qur'an dan ebook tentang kematian sudah digital.Lebih simpel. Dimanapun kit abisa membaca ayat ayat suci tentang kehidupan, kematian, cinta sampai jodoh. Pada kenyataannya tidak, malah banyak yang mengeluh di dinding dunia maya. Astaghfirulloh..

Kumpulan Hadist Tentang Kematian atau sakarotul maut


كُلُّ نَفْسٍ ذَائِقَةُ الْمَوْتِ وَنَبْلُوكُمْ بِالشَّرِّ وَالْخَيْرِ فِتْنَةً وَإِلَيْنَا تُرْجَعُونَ


“Setiap yang berjiwa pasti akan merasakan mati, dan Kami menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai satu fitnah (ujian), dan hanya kepada Kami lah kamu akan dikembalikan.” (Al-Anbiya`: 35)


أَيْنَمَا تَكُونُوا يُدْرِكُكُمُ الْمَوْتُ وَلَوْ كُنْتُمْ فِي بُرُوجٍ مُشَيَّدَةٍ


“Di mana saja kamu berada, kematian pasti akan mendapati kamu, walaupun kamu berada di dalam benteng yang tinggi lagi kukuh.” (An-Nisa`: 78)




كُلُّ مَنْ عَلَيْهَا فَانٍ


“Seluruh yang ada di atas bumi ini fana (tidak kekal).” (Ar-Rahman: 26)

أَكْثِرُوْا ذِكْرَ هَاذمِ اللَّذَّاتِ


“Perbanyaklah mengingat-ingat sesuatu yang melenyapkan segala macam kelezatan(kematian).” (HR. At-Tirmidzi)
.


أَكْثَرُهُمْ لِلْمَوْتِ ذِكْرًا وَأَحْسَنُهُمْ لِمَا بَعْدَهُ اسْتِعْدَادًا، أُولَئِكَ أَكْيَاسٌ
“Orang yang paling banyak mengingat mati dan paling baik persiapannya untuk kehidupan setelah mati. Mereka itulah orang-orang yang cerdas.” (HR. Ibnu Majah no. 4259, dihasankan Asy-Syaikh Al-Albani rahimahullahu dalam Ash-Shahihah no. 1384)


فَإِذَا جَاءَ أَجَلُهُمْ لاَ يَسْتَأْخِرُونَ سَاعَةً وَلاَ يَسْتَقْدِمُونَ

“Maka apabila telah tiba ajal mereka (waktu yang telah ditentukan), tidaklah mereka dapat mengundurkannya barang sesaat pun dan tidak pula mereka dapat mendahulukannya.” (An-Nahl: 61)


لِمَنِ الْمُلْكُ الْيَوْمَ لِلَّهِ الْوَاحِدِ الْقَهَّارِ 
"Kepunyaan siapakah kerajaan pada hari ini? kepunyaan Allah yang Maha Esa lagi Maha Mengalahkan. " (QS Al-Mu’min 40: 16). (HR Ibnu Abid Dunya ) 

أَكْثَرُهُمْ لِلْمَوْتِ ذِكْرًا وَأَحْسَنُهُمْ لِمَا بَعْدَهُ اسْتِعْدَادًا، أُولَئِكَ أَكْيَاسٌ
 “Orang yang paling banyak mengingat mati dan paling baik persiapannya untuk kehidupan setelah mati. Mereka itulah orang-orang yang cerdas.” 

لاَ إِلَهَ إِلَّا اللهُ، إِنَّ لِلْمَوْتِ سَكَرَاتٍ 

“Tidak ada sesembahan yang berhak disembah kecuali Allah . Sesungguhnya kematian ada masa sekaratnya.” (HR. Al-Bukhari)

Demikian mengenai kumpulan hadist tentang kematian atau sakaratul maut  yang bisa menjadi refensi kita mengingat ingat kematian. Agar kelak kita mati dalam keadaan baik baik saja. Minta maaf jika dalam pengajiannya kurang lengkap. Kedepannya mungkin akan terus diperbaikan dan memperbanya referensi hadistnya. Sekian dan terima kasih...


sumber : http://www.parsquran.com