-->

Kumpulan kata kata, doa dan motivasi Islam penyejuk hati

Manfaat Shalat Dhuha Bagi Wanita yang Jarang Diketahui

Dalam kamus bahasa Arab, kata "Dhuha" memiliki arti "Apa saja saja terjadi ketika ada matahari". Namun, ada juga yang mengartikan sebagai "cahaya matahari yang menjadi basis bagi bumi" dan "sinar matahari". Sementara dalam kamus besar bahasa Indonesia, kata "dhuha" sering dikaitkan dengan waktu. Yaitu waktu menjelang tengah hari atau kurang keng dari pukul 10.00. Dari semua penjelasan tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa dhuha adalah moment dimana matahari dapat menampakkan wujudnya sebagai pertanda dimulainya aktivitas di pagi hari. Untuk lebih memahami tentang shalat dhuha, disini akan dijelaskan terlebih dahulu apa pengertian shalat dhuha? Dan apa saja manfaat shalat dhuha bagi wanita? Berikut penjelasannya.

Pengertian Shalat Dhuha yang Harus Anda Ketahui


Shalat dhuha merupakan shalat sunnah yang dilakukan oleh orang Islam ketika matahari dalam posisi sedang naik. Yaitu kurang lebih sekitar tujuh hasta sejak terbitnya matahari, berkisar sekitar pukul tujuh pagi hingga sampai pada waktu shalat dzuhur. Pelaksanaan shalat dhuha minimal dilaksanakan dua rakaat dan boleh juga dilaksanakan empat, enam atau delapan rakaat. Tanpa kita sadari, shalat dhuha ternyata memiliki banyak manfaat terutama untuk para wanita muslimah. Apa saja manfaat shalat dhuha bagi wanita tersebut? Berikut penjelasannya.

Manfaat Shalat Dhuha Bagi Wanita yang Jarang diketahui


Manfaat shalat dhuha bagi wanita yang pertama adalah shalat dhuha dilakukan sebagai bentuk penghambaan kepada Sang Maha Kuasa, yaitu Allah subhanahu wa ta'ala. Hal ini dilakukan sebagai suatu wujud pengabdian pada Sang Pecinta yaitu dengan menunaikan shalat. Ketika seseorang masuk ke dalam agama Islam, maka seseorang tersebut harus melaksanakan segala perintah Allah dan menjauhi segala larangan-Nya.

Manfaat shalat dhuha bagi wanita yang kedua adalah bahwa gerakannya dapat menghindarkan dari pengeroposan tulang. Hal tersebut telah dijelaskan dalam sebuah penelitian bahwa gerakan shalat, terutama shalat dhuha dapat membuat Anda terhindar dari pengeroposan tulang. Karena setiap gerakan shalat bisa juga merupakan olahraga yang dilakukan setiap waktu shalat dilaksanakan. Dengan terbiasanya Anda melakukan shalat dhuha, makasih Anda akan terhindar dari berbagai penyakit terutama penyakit osteoporosis.

Manfaat shalat dhuha bagi wanita yang ketiga adalah akan ada keajaiban pada hari Anda. Shalat dhuha dipercaya mampu membuat hari Anda mengalami suatu keajaiban setelah melaksanakan shalat tersebut. Entah Anda akan mendapatkan rezeki, dimudahkan segala pekerjaan serta cita-cita Anda dan masih banyak lagi. Hal tersebut terjadi karena Allah subhanahu wa ta'ala pernah menyebutkan bahwa barang siapa yang menunjang agama Allah, maka Allah akan menopang hamba-Nya.

Shalat dhuha merupakan shalat yang memiliki waktu paling di ijabah ketika Anda berdoa. Manfaat shalat dhuha bagi wanita ini tentunya sangat besar dan luar biasa. Setiap orang pasti ingin sekali doanya dapat terkabul dan di ijabah oleh Allah subhanahu wa ta'ala. Oleh karena itu, rajinlah dalam melaksanakan shalat dhuha dan berdoa dengan khusyuk agar doa Anda dapat terkabul.

Manfaat shalat dhuha bagi wanita juga sangat bermanfaat bagi kesehatan, yaitu sebagai obat jantung dan ginjal. Karena ketika Anda melaksanakan shalat dhuha ketika menjelang shalat dzuhur, yaitu bisa mengurangi dampak terhadap penyakit jantung dan ginjal. Karena pada saat itu, situasi bumi sedang berangsur panas. Sehingga keadaan bumi tersebutlah yang bisa mempengaruhi kondisi hati serta sistem pencernaan Anda.

Manfaat shalat dhuha bagi wanita juga bisa menentramkan jiwa Anda. Sekarang ini, banyak sekali orang-orang yang mengalami stres karena tekanan dari pekerjaan maupun hal lain. Oleh karena itu, shalat dhuha sangat dianjurkan bagi Anda yang sedang mengalami tekanan pada jiwa agar jiwa Anda bisa menjadi tenang kembali. Hal tersebut dibuktikan oleh banyak pendapat dari orang lain yang sering melakukan shalat dhuha dan membuat batin mereka menjadi tenang. Selain itu, shalat dhuha juga mampu melancarkan rezeki Anda sehingga menjadi semakin mudah untuk didapatkan. Makasih daripada itu, dianjurkan untuk melaksanakan shalat dhuha setiap harinya.

Selain manfaat shalat dhuha bagi wanita yang sudah dijelaskan diatas, ternyata shalat dhuha juga memiliki manfaat lain yaitu dapat membuat wajah Anda lebih bercahaya. Karena dengan melaksanakan shalat dhuha setiap hari, Anda akan selalu berwudhu dan bisa membuat wajah Anda tampak lebih cerah. Selain itu, karena shalat dhuha juga dilaksanakan sebagai bentuk penghambaan dan keimanan kepada Allah subhanahu wa ta'ala. sehingga dapat membuat wajah Anda tampak lebih menyejukkan.

Manfaat shalat dhuha bagi wanita selanjutnya adalah dapat membuat awet muda. Ketika akan melaksanakan shalat dhuha, pasti Anda akan melakukan wudhu terlebih dahulu. Dengan membasuh wajah dengan air yang segar tersebut, maka kulit pun akan terjaga kesegarannya. Selain itu, ketika Anda mengusap wajah secara tepat akan membuat kulit Anda lebih terasa kencang dan halus serta tidak mudah kendur. Oleh karena itu, shalat dhuha sangat terbukti bisa membuat Anda awet muda khususnya untuk para wanita.

Manfaat shalat dhuha bagi wanita bisa melancarkan peredaran darah yang terdapat di dalam tubuh kita. Ketika Anda selesai melaksanakan shalat shubuh kemudian menunggu waktu dhuha dan melaksanakannya, maka Anda akan merasakan moment pagi yang sangat menyejukkan. Anda masih bisa menghirup udara segar yang belum terkontaminasi polusi dari luar. Saat itu juga, badan Anda akan memiliki waktu untuk menggerakkan seluruh otot gang masih kaku sehingga membuat badan terasa sehat dan peredaran darah menjadi lancar.

Manfaat shalat dhuha bagi wanita yang lainnya adalah dapat membuat Anda menang dalam melawan musuh. Yang dimaksud dengan musuh disini yaitu hawa nafsu yang berada dalam jiwa kita. Karena banyak orang yang masih kesulitan melaksanakan shalat dhuha dikarenakan aktivitas atau memang karena malas. Oleh karena itu, sempatkanlah waktu untuk melaksanakan shalat dhuha dan hal ini berarti Anda sudah menang dalam melawan hawa nafsu serta bisa menambah lagi ibadah kepada Allah subhanahu wa ta'ala.

Manfaat shalat dhuha bagi wanitanya berikutnya adalah akan membuat Anda terhindar dari segala keburukan yang ada di dunia ini. Shalat dhuha bisa membuat adanya interaksi yang erat antara hati dan Sang Maha Kuasa. Sehingga Anda akan selalu bergiliran bahwa segala kegiatan atau sesuatu yang Anda lakukan selalu diamati dan terlihat oleh-Nya. Oleh karena itu, ketika Anda berniat akan melakukan dosa, maka Anda akan berfikir ulang sehingga mampu mengurungkan niat Anda dalam melakukan dosa.

Manfaat shalat dhuha bagi wanita yang lainnya adalah dapat memberikan rasa semangat kepada Anda. Shalat dhuha dipercaya dapat memompa semangat dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Karena Anda akan diwajibkan untuk bangun pagi, berwudhu dan melaksanakan shalat dhuha. Anda akan mendapatkan energi tersendiri ketika berhasil melaksanakan shalat dhuha dalam kondisi khusyuk serta tumaninah. Anda juga akan dijauhkan dari perasaan ngantuk dan malas. Sehingga Anda bisa menjalani hari-hari dengan mengasyikkan serta bahagia.

Manfaat Shalat Dhuha Bagi Wanita yang Jarang Diketahui


Dari penjelasan artikel diatas, dapat kita simpulkan bahwa shalat dhuha merupakan sebuah shalat sebagai bentuk penghambaan kepada Allah. Manfaat shalat dhuha bagi wanita banyak sekali manfaatnya. Dari mulai dapat mencegah dosa hingga bisa membuat Anda semangat dalam menjalani hari-hari Anda. Setelah melihat banyak manfaat dari shalat dhuha tersebut, apakah Anda mulai tergerak meluangkan waktu setiap harinya untuk melaksanakan shalat dhuha?