-->

Kumpulan kata kata, doa dan motivasi Islam penyejuk hati

Bacaan Dzikir dan Doa Sesudah Shalat Tahajud Lengkap

Shalat tahajud merupakan salah satu shalat sunnah yang dikerjakan pada malam hari. Ada baiknya shalat tahajud dilakukan di sepertiga malam setelah terjaga dari tidur. Shalat tahajud yang dilakukan setiap malam dengan khusyuk bisa mempermudah urusan Anda juga menghapus dosa-dosa yang telah Anda lakukan. Sebelum membahas lebih lanjut, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu apa pengertian shalat tahajud? Bagaimana tata cara melaksanakan shalat tahajud? Dan bagaimana bacaan dzikir dan doa sesudah shalat tahajud? Apa saja keutamaan dan keistimewaan dari shalat tahajud tersebut? Berikut penjelasannya. 

Pengertian Shalat Tahajud yang Harus Anda Ketahui


Sebelum membahas tentang dzikir dan doa sesudah shalat tahajud, Anda harus memahami terlebih dahulu apa itu shalat tahajud. Jadi, Shalat tahajud merupakan shalat sunnah yang dikerjakan pada malam hari atau sepertiga malam setelah terjaga dari tidur. Shalat tahajud bisa dikerjakan sesudah mengerjakan shalat isya sampai terbitnya fajar. Adapun jumlah rakaat pada shalat tahajud adalah dua rakaat dan paling banyak tidak dibatasi. Hal tersebut dikarenakan ibadah shalat sunnah yang dikerjakan pada malam hari merupakan sebuah amalan kebaikan sehingga tidak ada batasannya. Hanya saja dalam setiap dua rakaatnya terdapat satu salam di dalamnya.

Shalat tahajud hukumnya sunnah muakkad. Dimana shalat ini sangat dianjurkan untuk dikerjakan. Tetapi, jika tak sempat mengerjakannya pun Anda tidak akan mendapatkan dosa. Setelah melaksanakan shalat tahajud ada baiknya Anda langsung melakukan dzikir dan doa sesudah shalat tahajud. Hal ini dimaksudkan agar Anda semakin khusyuk dalam mengerjakan shalat sunnah yang istimewa ini.

Tata Cara Melaksanakan Shalat Tahajud yang Baik dan Benar


Setelah Anda mengetahui pengertian shalat tahajud. Barulah Anda bisa mulai ke tahap berikutnya yaitu mengetahui dan memahami tata cara melaksanakan shalat tahajud yang baik dan benar. Setelah Anda mengetahui bagaimana cara melaksanakan shalat tahajud yang baik dan benar, barulah Anda mengetahui bacaan dzikir dan doa sesudah shalat tahajud agar shalat Anda semakin sempurna dan diterima segala amalannya.

Sebelum mengetahui dzikir dan doa sesudah shalat tahajud, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu tata cara melaksanakan shalat tahajudnya yang baik dan benar. Sebelum melaksanakan shalat, maka Anda perlu mengawalinya dengan niat terlebih dahulu. Bagaimana niat shalat tahajud tersebut? Berikut bacaan niat shalat tahajud yang harus Anda ketahui :

أصلي سنةالتهجد ركعتين الله تعالى

(Usholli sunnatat tahajudi rok’ataini lillahi ta’aalaa)

Artinya : “Aku niat Sholat Sunnah tahajud dua raka’at karena Allah Ta’ala”

Selanjutnya dalam bahasan dzikir dan doa sesudah shalat tahajud adalah setelah selesai membaca niat, maka langkah selanjutnya adalah melakukan gerakan takbiratul ikhram atau Allahu Akbar. Dalam takbiratul ikhram ini Anda harus membaca doa iftitah dan diteruskan dengan membaca surat Al-Fatihah serta salah satu surat dalam Al-Quran yang Anda hafal. Kemudian diteruskan dengan ruku dan membaca doa ruku. Setelah itu kembali berdiri tegak pada gerakan i'tidal. Selanjutnya adalah melakukan gerakan sujud pertama dan membaca doanya. Lalu duduk diantara dua sujud seraya membaca doanya. Setelah duduk diantara dua sujud, Anda melakukan gerakan yang sama lagi pada rakaat kedua dan diakhiri dengan salam. Anda bisa melaksanakan shalat tahajud ini lebih dari dua rakaat. Dengan catatan setiap dua rakaat tersebut terdapat satu salam didalamnya.

Bacaan Dzikir dan Doa Setelah Shalat Tahajud yang Harus Anda Pahami

Setelah selesai melaksanakan shalat tahajud, maka selanjutnya dianjurkan untuk berdzikir dan doa sesudah tahajud. Bacaan dzikir tersebut sebaiknya dibaca sebanyak-banyaknya atau minimal 32 kali sampai 100 kali. Bacaan dzikir yang bisa Anda baca adalah :

استغفر الله العظيم الذي لاإله إلاهوالحي القيوم وأتوب إليه

Setelah selesai membaca dzikir, maka dalam pembahasan dzikir dan doa sesudah shalat tahajud selanjutnya adalah membaca shalawat atas Nabi Muhammad SAW. Pembacaan shalawat tersebut dibaca sebanyak-banyaknya dan paling sedikit sebanyak 32 kali. Setelah selesai, barulah Anda boleh membaca dzikir lainnya seperti takbir, tahmid, tasbih, dan tahlil sebanyak keikhlasan hati Anda. Bacaan shalawat setelah membaca dzikir yang pertama adalah :

اللھم صل وسلم على سيدنا محمد وعلى آل سيدنامحمد

Setelah selesai membaca shalawat tersebut, barulah Anda membaca doa setelah shalat tahajud. Dzikir dan doa sesudah shalat tahajud dianjurkan untuk dibaca agar Anda semakin dekat dengan Allah subhanahu wa ta'ala. Doa setelah shalat tahajud tersebut adalah :
Bacaan Dzikir dan Doa Sesudah Shalat Tahajud Lengkap
Bacaan Dzikir dan Doa Sesudah Shalat Tahajud Lengkap



Arti dari doa setelah shalat tahajud tersebut adalah, “Wahai Allah, milikmulah segala puji, Engkaulah penegak dan pengurus langit dan bumi serta makhluk yang ada didalamnya, milikmulah segala puji, Engkaulah penguasa raja langit dan bumi serta makhluk yang ada didalamnya, milikmulah segala puji, Engkaulah cahaya langit dan bumi serta makhluk yang ada di dalamnya, milikmulah segala puji, Engkaulah yang hak benar janji-Mu lah yang benar, pertemuan dengan-Mu adalah benar, perkataan-Mu benar, surga itu benar ada, neraka itu benar ada, para Nabi itu benar, Nabi Muhammad SAW itu benar, dan hari kiamat itu benar ada, wahai Allah hanya kepada-Mu lah aku berserah diri, hanya kepada-Mu lah aku beriman, hanya kepada-Mu lah aku bertawakkal, hanya kepada-Mu lah aku kembali, hanya dengan-Mu lah kuhadapi musuhku, dan hanya kepada-Mu lah aku berhukum, oleh karena itu ampunilah segala dosaku, yang telah kulakukan dan yang mungkin akan kulakukan, yang kurahasiakan dan yang kulakukan secara terang terangan, dan dosa dosa lainnya yang Engkau lebih mengetahuinya, dari pada aku, Engkaulah yang maha terdahulu dan Engkaulah yang Maha terakhir, tak ada Tuhan selain Engkau, dan tak ada daya upaya dan kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah.”

Keutamaan dan Keistimewaan Shalat Tahajud

Setelah Anda mengetahui bacaan dzikir dan doa sesudah shalat tahajud, berikutnya Anda akan mengetahui keutamaan dan keistimewaan shalat tahajud. Keutamaan dan keistimewaan shalat tahajud yang pertama adalah shalat tahajud merupakan shalat sunnah yang diperintahkan oleh Allah SWT. Kemudian keutamaan shalat tahajud berikutnya adalah shalat tahajud merupakan salah satu kunci masuk surga, mendapatkan pahala sunnah yang berlimpah, dan mampu mengabulkan segala hajat dan ampunan dosa.

Keutamaan dan keistimewaan shalat tahajud tersebut dapat Anda rasakan ketika Anda rutin mengerjakan shalat tahajud secara rutin dan khusyuk. Apalagi jika Anda selalu membaca dzikir dan doa sesudah shalat tahajud, maka pahala yang akan Anda dapatkan akan berlimpah dan insyaallah segala keinginan Anda akan terkabulkan. Shalat tahajud juga bisa menjadi jembatan untuk mendapatkan ampunan atas segala dosa yang telah dilakukan. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

Bacaan Dzikir dan Doa Sesudah Shalat Tahajud

Itulah beberapa informasi mengenai bacaan dzikir dan doa sesudah shalat tahajud. Dengan mengetahui hal tersebut, Anda akan semakin khusyuk dalam melaksanakan shalat dan mendapatkan keutamaan serta keistimewaan dari shalat tahajud yang Anda laksanakan. Semoga artikel ini bermanfaat.