-->

Kumpulan kata kata, doa dan motivasi Islam penyejuk hati

Panduan Shalat Hajat Khusus Rejeki Melimpah dan Berkah

Panduan Shalat Hajat Khusus Rejeki Melimpah dan Berkah
Shalat Hajat Khusus Rejeki Melimpah dan Berkah
Ketika Anda sedang menginginkan sesuatu atau mempunyai hajat tertentu, ada baiknya Anda melakukan shalat hajat agar segala hajat yang sedang atau ingin Anda lakukan semata-mata mendapatkan ridho dari Allah SWT. Jika Anda ingin meminta diberikan rejeki yang lancar, maka Anda bisa melaksanakan shalat hajat khusus rejeki. Sebenarnya, apa pengertian shalat hajat khusus rejeki? Bagaimana hukum melaksanakan shalat hajat khusus rejeki? Apa saja keutamaan-keutamaan dari shalat hajat khusus rejeki tersebut? Seperti apa keajaiban yang akan Anda dapatkan ketika melaksanakan shalat hajat khusus rejeki ini? Dan bagaimana tata cara dalam melaksanakan shalat hajat khusus rejeki? Berikut penjelasannya untuk Anda simak dengan baik.

Pengertian Shalat Hajat Khusus Rejeki yang Harus Anda Pahami


Shalat hajat khusus rejeki merupakan shalat sunnah yang dikerjakan dengan maksud khusus untuk memohon kepada Allah subhanahu wa ta'ala untuk mengabulkan hajatnya serta kebutuhan atau keperluannya. Setiap orang pasti memiliki hajat, kebutuhan serta keperluan. Namun, setiap hajat tersebut pasti memiliki tingkatan yang berbeda. Ada yang sifatnya ringan dan bahkan juga berat tanpa kita sadari. Ketika kebutuhan atau keperluan tersebut dirasa benar, Rasulullah SAW mengajarkan untuk tidak hanya berdoa. Namun, Rasulullah menganjurkan untuk mendahuluinya dengan melaksanakan shalat sunnah dua rakaat. Shalat sunnah dua rakaat dengan maksud meminta pertolongan lancar rezeki kepada Allah inilah yang disebut dengan shalat hajat khusus rejeki.

Hukum Shalat Hajat Khusus Rejeki yang Harus Anda Pahami


Shalat hajat khusus rejeki hukumnya sunnah. Dalam kitab fiqh, tidak semua ulama mencantumkan shalat hajat tersebut. Diantara para ulama yang mencantumkan shalat hajat dalam pembahasannya adalah Sayyid Sabiq dalam fiqh sunnah, prof. Dr. Wahbah Az Zuhaili dalam fiqh Islam wa Adillatuhu dan syaikh Abdurrahman Al Juzairi dalam fiqh empat mazhab. Sedangkan para ulama yang tidak mencantumkan pembahasan shalat hajat adalah Syaikh Musthofa Al Bugho dalam fiqh Manhaji.

Keutamaan-Keutamaan Shalat Hajat Khusus Rejeki yang Jarang Diketahui


Shalat hajat khusus rejeki memiliki banyak keutamaan. Diantaranya Anda akan dicintai oleh Allah subhanahu wa ta'ala. Shalat hajat merupakan sebuah ibadah sunnah yang jika dilaksanakan mendapatkan pahala dan jika tidak dilaksanakan tidak berdosa. Namun, seorang muslim yang rajin mengerjakan ibadah sunnah akan lebih mendatangkan kecintaan Allah.

Keutamaan shalat hajat khusus rejeki berikutnya adalah Anda akan ditinggikan derajatnya. Dengan memperbanyak melaksanakan shalat, apalagi bersamaan dengan shalat sunnatnya, maka Anda akan ditinggikan derajatnya oleh Allah subhanahu wa ta'ala. Selain diangkat derajatnya, Allah subhanahu wa ta'ala juga akan mengampuni dosa para hamba-Nya yang rajin melaksanakan shalat dan memperbanyak sujudnya.

Dan keutamaan shalat hajat khusus rejeki yang utama adalah hajat atau keinginan Anda akan dikabulkan. Sayyid Sabiq dalam fiqh sunnah mengutip sebuah hadist shahih dari Abu Darda ra. bahwasannya Nabi SAW bersabda :

من توضأ فأسبع ا لوضوءثم صلى ركعتين يتمهما أغطاه الله ما سأل معجلا أوموخرا

Hadist tentang shalat hajat khusus rejeki ini memiliki arti, "Barang siapa berwudhu dan menyempurnakannya, kemudian mengerjakan shalat dua rakaat dengan sempurna maka Allah subhanahu wa ta'ala memberi apa saja yang ia minta, baik segera maupun lambat. (HR. Ahmad)

Keajaiban Shalat Hajat Khusus Rejeki yang Luar Biasa

Shalat hajat khusus rejeki merupakan shalat sunnah yang akan memberikan keajaiban luar biasa bagi mereka yang sering melaksanakannya. Salah satu keajaiban shalat hajat ini terdapat dalam riwayat Imam Tirmidzi. Kemudian dicantumkan oleh Syaikh Nashiruddin Al Albani dalam kitab shahih at Targib wa at Tarhib.

Bagian yang menerangkan keajaiban shalat hajat khusus rejeki tersebut berjudul anjuran shalat hajat dan doa shalat hajat. Disebutkan disana bahwa, Dari Utsman bin Hunaif ra.bahwa seorang laki-laki buta datang kepada Rasulullah SAW kemudian lelaki tersebut berkata, "Wahai Rasulullah, berdoalah kepada Allah agar menyembuhkan penglihatan mataku ini. " Kemudian Rasulullah bersabda,"Atau aku biarkan saja engkau (seperti itu)?" Lalu lelaki buta tersebut berkata,"Wahai Rasulullah, hilangnya penglihatanku ini memberatkanku." Dan Rasulullah bersabda, "Pergilah lalu berwudhulah, kemudian shalatlah dua rakaat, lalu berdoa:

اللَّهُمَّ إِنِّى أَسْأَلُكَ وَأَتَوَجَّهُ إِلَيْكَ بِنَبِيِّكَ مُحَمَّدٍ نَبِىِّ الرَّحْمَةِ يَا مُحَمَّدُ إِنِّى تَوَجَّهْتُ إِلَى رَبِّى بِكَ أَنْ يَكْشِفَ لِيْ عَنْ بَصَرِيْ اللَّهُمَّ شَفِّعْهُ فِىَّ وَ شَفِّعْنِيْ فِيْ نَفْسِي

Arti dari doa shalat hajat khusus rejeki tersebut adalah,"Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu dan menghadap kepada-Mu dengan Nabi Muhammad, Nabi (pembawa) rahmat. Wahai Muhammad, sesungguhnya aku menghadap kepada Tuhanku denganmu agar Dia menyembuhkan penglihatanku. Ya Allah, terimalah syafaatnya padaku dan terimalah syafaatku pada diriku." Kemudian ia pulang dan Allah subhanahu wa ta'ala menyembuhkan penglihatannya." (HR. Tirmidzi;Hasan).

Dari hadist tersebut, telah terbukti bahwa shalat hajat mampu mengabulkan hajat atau permintaan kita kepada Allah subhanahu wa ta'ala. Khusus untuk shalat hajat khusus rejeki, ada tata cara khusus untuk melaksanakannya. Yang mana doa dan surat yang akan Anda baca tersebut tujuannya untuk mengharapkan rejeki yang melimpah. Tetapi, tetap saja shalat ini harus dilakukan dengan usaha dan kerja keras juga. Untuk shalat ini, biasanya hanya di fokuskan pada satu hajat saja. Yang mana hajat tersebut merupakan permohonan lancar rejeki.

Tata Cara Shalat Hajat Khusus Rejeki yang Harus Anda Ketahui


Shalat hajat khusus rejeki sebaiknya dilaksanakan pada malam hari kira-kira pukul 23.30. Jumlah rakaat shalat hajat yang harus Anda lakukan sebanyak 2 rakaat saja. Untuk bacaan shalatnya, Anda lakukan seperti biasa ketika Anda melaksanakan shalat seperti biasanya. Namun, disini ada beberapa surat yang harus Anda baca. Surat yang dibaca setelah membaca surat Al-Fatihah adalah surat Ath-Tholaq 2-3 masing-masing 25 kali persatu rakaatnya.

Selanjutnya dalam shalat hajat khusus rejeki adalah pada bagian setelah salam. Bacalah shalat Nabi yang pendek saja, seperti "Sholallah'ala muhammad" sebanyak 100 kali. Setelah beres membaca shalawatnya, Anda bisa meneruskannya dengan membaca doa meminta rejeki. Doa-doa yang dibaca adalah surat Al-Hasyr ayat 21-24 dan surat Ali Imran ayat 26-27. Masing-masing Anda baca sebanyak satu kali. Kemudian bersujudlah Anda dan berdoalah untuk memohon kelancaran rejeki.

Perlu diketahui bahwa dalam melaksanakan shalat hajat khusus rejeki dua rakaat ini bisa Anda lakukan selama tujuh hari berturut-turut. Kemudian Anda bisa membaca doa khusus yang telah disebutkan tadi sebanyak 33 kali.

Panduan Shalat Hajat Khusus Rejeki yang Wajib Anda Ketahui

Demikian informasi mengenai shalat hajat khusus rejeki untuk Anda yang ingin melaksanakan shalat hajat khusus ini. Dengan melaksanakan shalat ini selama tujuh hari berturut-turut, insyaallah Allah mengabulkan permintaan hajat kita dalam urusan kelancaran rejeki entah lewat pekerjaan, usaha, bisnis maupun pintu rejeki yang lain. Namun, Anda tetap melaksanakan shalat ini dengan berusaha dan bekerja keras. Semoga artikel ini bermanfaat.