-->

Kumpulan kata kata, doa dan motivasi Islam penyejuk hati

Contoh Contoh Bid’ah Masa Kini, Wajib Tahu!

 Contoh Contoh Bid’ah Masa Kini
Apa itu si bid’ah? Apakah sejenis makanan? Lalu apa saja contoh contoh bid’ah dalam kehidupan sehari hari? Sebelum memahami bid’ah, coba renungkan kita memakai internet bid’ah apa enggak. Udah? Sekarang coba buka kitab ahlussunnah wal Jama’ah karya Hadratusy Syeikh Hasyim Asy’ari, Kalau enggak punya bisa mengutip kalimat dalam artikel ini mengenai bid’ah. Dalam kitab Risalah tersebut, istilah "bid’ah"secara syara’ memiliki pengertian munculnya perkara atau hal baru dalam agama islam yang kemudian mirip dengan satu atau beberapa bagian ajaran agama, padahal bukan bagian dari agama baik formal maupun hakekatnya.

Pengertian bid’ah mengacu pada hadist rossululloh SAW, bid’ah adalah setiap perkara baru yang muncul dalam kehidupan. Nabi juga bersabda ,”Setiap perkara baru adalah bid’ah”. Kemudian diperjelas dengan hadist berikutnya,” Barangsiapa memunculkan perkara baru dalam urusan kami (agama) yang tidak merupakan bagian dari agama itu, maka perkara tersebut tertolak”. Kemudian, apakah semua yang baru benar benar bid’ah? Belum tentu. Menurut Imam Syafi’i, Bid’ah ada dua, bid’ah terpuji dan bid’ah tercela, bid’ah yang sesuai dengan sunnah dan yan bertentangan dengan sunnah. Artinya ada bid’ah yang boleh dilakukan dan ada bid’ah yang sesat, dan kesesatan tentu ujungnya di neraka.

Jenis dan contoh Contoh Bid’ah


Jika mengacu pada pendapat imam syafi’i, sudah jelas kalau jenis bid’ah ada dua, yakni bid’ah terpuji diperjelas lagi oleh ulama Madzhab Hanbali, Ibnu Rajab Al-Hanbali sebagai berikut.

وقال الحافظ ابن رجب الحنبلي: والمرادُ بالبدعة: ما أحدث مما لا أصل له في الشريعة يَدُل عليه، أما ما كان له أصل من الشرع يدل عليه، فليس ببدعة شرعاً، وإن كان بدعة لغة.

Artinya, “Ibnu Rajab Al-Hanbali mengatakan, ‘Yang dimaksud bid‘ah sesat itu adalah perkara baru yang tidak ada sumber syariah sebagai dalilnya. Sedangkan perkara baru yang bersumber dari syariah sebagai dalilnya, tidak termasuk kategori bid‘ah menurut syara’/agama meskipun masuk kategori bid‘ah menurut bahasa,’” (Ibnu Rajab Al-Hanbali pada Syarah Shahih Bukhari).

Informasi yang belum diteli mengeni jenis dn contoh bid’ah yang beredar di msyrakat saat itu, kemudian di perjelaskan lagi lebih detail oleh Izzuddin Abdul Aziz bin Abdussalam, ulama madzhab Syafi’i abad 7 H “

Beliau berpendapat bahw “Bid‘ah adalah suatu perbuatan yang tidak dijumpai di masa Rasulullah SAW. Bid‘ah itu sendiri terbagi atas bid‘ah wajib, bid‘ah haram, bid‘ah sunah, bid‘ah makruh, dan bid‘ah mubah. Metode untuk mengategorisasinya adalah dengan cara menghadapkan perbuatan bid‘ah yang hendak diidentifikasi pada kaidah hukum syariah.

Contoh Bid’ah


Sekalipun kita sudah tahu mana bid’ah mana yang bukan, kadang bingung contoh contoh bid’ah dalam kehidupan sehari hari, apalagi masa kini ketika banyak hal baru yang muncul. Tentu perlu contoh pasti aagar bisa menjadi patokan disetiap jenis jenis bid’ah.

Contoh bid‘ah wajib :

· mempelajari ilmu nahwu (gramatika Arab) sebagai perangkat untuk memahami Al-Quran dan Hadits
· mendokumentasikan kata-kata asing dalam Al-Quran dan Hadits,
· pembukuan Al-Quran dan Hadits,
· penulisan ilmu Ushul Fiqh.

contoh bid‘ah haram :

hadirnya madzah Qadariyah, Jabariyah, Murjiah, atau Mujassimah.

Contoh bid’ah makruh

· menghias mushhaf dengan emas

contoh bid’ah mubah

· jabat tangan usai sembahyang subuh dan ashar
· Membeli atau memakai pakaian yang bagus
· Membeli rumah yang layak

Sudah pahamkah? Jika sudah paham, jangan katakan ini adalah kebenaran. Sebab tidak semua bisa menerima keberanan yang ada dikepala kita. Tetaplah menyebarkan kebaikan kebaikan tanpa memperdulikan siapa yang benar dan siapa yang salah. Sekian, semoga artikel mengenai jenis dan contoh bid’ah bisa bermanfaat. Terima kasih.